Bencana-gempa-lombok-shelter-box-ansor

Gp Ansor dan Rotari Indonesia Bangun 350 Shelter Box di KLU

Qalama.com – Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC Gp Ansor) Kab. Lombok Utara (KLU), Rotari Indonesia Dan Pememerintah Daerah (Pemda) KLU sejak tanggal 24 Agustus 2018 lalu melakukan kerjasama membangun Rumah Hunian sementara berupa 350 buah Shelter Box lengkap yang akan digunakan oleh pengungsi Gempa Lombok. Hal tersebut dijelaskan ketua GP ansor KLU Ustad Jalil di Tanjung pada Ahad (26/08) kemarin.

Ia menambahkan, tujuan pendirian shelter box ini agar masyarakat lebih nyaman dan mengantisipasi musim hujan yang akan segera datang sekitar bulan Oktober.

Shelter Box akan disebar di seluruh kecamatan di kabupaten Lombok utara dan akan diperuntukkan bagi masyarakat yang bemar-benar tidak mampu terutama di tengah keluarga yang dihuni lansia, balita, ibu hamil, atau ibu menyusui.

“Ada prioritas korban yang akan mendapatkan fasilitas ini, caranya silakan masyarakat mengajukan bantuan melalui pemerintah dusun dan desa kemudian akan diverifikasi oleh Pemda KLU sesuai dengan kriteria-kriteria yang sudah kami tentukan” Jelas Jalil.

Hingga hari ini, sudah 50 shelter box yang sudah dibangun di Kecamatan Tanjung.

Selain anti banjir, kelebihan lain dari Shelter Box buatan luar negeri ini, bisa dipantau melalui satelit. Sehingga jika setelah diberikan, masyarakat tidak memasangnya,  maka akan terdeteksi satelit dan akan dialihkan ke masyarakat lain yang benar-benar membutuhkan.

“Cara pasangnya mudah, nanti kami dan rotari akan melatih masyarakat bagaimana cara memasangnya” Jelas Jalil.

Selain membangun Shelter Box, GP Ansor KLU juga sedang mempersiapkan pembangunan 100 unit Hunian sementara (Hunatara) yang nantinya langsung akan dijuluki kampung Ansor.

“Kalo yang ini rencananya berlokasi di kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara”. Pungkasnya

By Qalama Institute Berita 0 Comments

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *