Gusdurian-lombok

Gusdurian Lombok, Respon Meningkatnya Ujaran Kebencian

Gusdurian-lombokQalama.com – Tingginya ujaran kebencian terutama pasca pilgub DKI harus dilawan dengan memperbanyak konten-konten positif serta berani melaporkan setiap ujaran kebencian yang terjadi di dunia online maupun online.

Hal tersebut dikatakan Seknas Gusdurian Sarjoko saat memberikan materi di Acara Kopdar Gusdurian Lombok di Mataram, Sabtu (14/7) kemarin.

Di acara yang dihadiri sekitar 30 peserta dari berbagai Kabupaten di NTB tersebut, Joko juga menyampaikan, tindakan mencaci maki, menghina, merendahkan, dan menghakimi orang lain bahkan hari ini dianggap lumrah di kanal-kanal sosial media.

“Tanpa sadar, praktik-praktik ini terjadi bahkan sudah ditingkat yang sangat mengkhawatirkan” Ungkap Joko.

Karena itu, Gusdurian yang merupakan murid dan pelanjut nilai-nilai Gusdur harus menjadi garda depan mengantisipasi bahkan melawan tindakan-tindakan ini agar tidak meluas.

Sementara itu Heru, salah seorang pembicara yang lain mengatakan, Gusdurian perlu langkah-langkah strategis dalam merespon ujaran kebencian ini dengan terus menyebarluaskan gagasan toleransi dan nilai-nilai kebhinnekaan sebagaimana yang telah diajarkan Gus Dur.

“Para murid, pengagum, dan penerus pemikiran dan perjuangan Gus Dur punya tanggungjawab besar meneladani karakter dan prinsip nilai yang pernah diajarkan beliau salah satunya Toleran dan tidak diskriminatif terhadap kelompok atau individu lain” Ungkap Heru.

Ia menambahkan, untuk mempermudah menampung laporan ujaran kebencian yang terjadi, Jaringan Gusdurian saat ini sedang mengembangkan sebuah platform khusus bernama Kabarkan.org. Melalui Flatform ini, semua masyarakat bisa melaporkan langsung tindak intoleransi dan diskriminasi yang ditemukan ditengah masyarakat.

“Flatform ini memiliki aplikasi yang mudah digunakan, tinggal jepret, kasi keterangan, dan kami akan lakukan tindak lanjut untuk ditangani pihak-pihak yang kompeten” Ujarnya.

By Qalama Institute Berita 0 Comments

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *